Rabu, 18 Juli 2012

Kalau CustomerNya Rewel??

Mengahadapi Customer yang rewel ::)

1. Melalui tatap muka
  • Bangunlah suasana yang positif dan menyenangkan.
  • Segera perhatikan pelanggan dan sambut dengan ramah.
  • Antisipasi kebutuhan pelanggan dengan mempelajari karakteristik mereka.
  • Penuhi dan lebihi harapan pelanggan.
  • Bersikap ramah, tersenyum, dan gunakan selalu nama mereka.
  • Tunjukkan empati dan menjadi pendengar yang baik.
  • Selalu katakan terima kasih.
Selain itu, perhatika juga penampilan Anda serta bagaimana komunikasi verbal dan non verbal (ekspresi, gerakan tangan, dsb) Anda yang dapat mempengaruhi sikap pelanggan. Hindari: merokok, menyentuh pelanggan, memakan sesuatu, nada bicara tidak bersemangat, menghela nafas atau mengeluh saat berhadapan langsung dengan pelanggan.

2.      Melalui Telepon
Perhatikan selalu prinsip ‘call center’ yaitu:
  • ‘Kami akan memastikan Anda mendengar senyum kami’. Caranya, Anda harus tetap tersenyum saat menelepon. Walau tidak terlihat, lawan bicara dapat merasakan Anda tersenyum atau tidak.
  • Cara Anda mengucapkan sesuatu jauh lebih penting daripada apa yang Anda ucapkan.
Perhatikan etika dalam menelepon seperti:
  • suara tawar dan datar menyatakan kepada pelanggan bahwa Anda bosan dan tidak ingin berbicara dengan mereka,
  • suara pelan dan lambat menyatakan kepada pelanggan bahwa Anda sedang depresi dan Jangan diganggu,
  • suara tinggi dan simpatik menyatakan bahwa Anda sungguh‑sungguh dan bersemangat membantu pelanggan,
  • suara keras dengan kecepatan tidak menentu menyatakan bahwa Anda sedang marah dan tidak bersedia mendengar,
  • suara tinggi dengan tekanan yang direm tiba‑tiba, menyatakan kepada pelanggan: “ah, yang benar saja, saja tidak percaya”

1 komentar:

  1. Salam kenal!!
    Terimakasih info yang sangat bagus!!

    Kami menyediakan buku terbaru 2013"How to Manage Customer Voice"

    Silahkan kunjungi dan pilih2 buku berkualitas lainnya dari penerbit-penerbit kota pelajar Yogyakarta hanya di :
    www.honbookstore.com
    Dapatkan juga diskon gede2an hingga 15%. :D

    Jangan lupa silahkan tinggalkan jejak alias komen di : Hon Book Store :)

    BalasHapus